Evaluasi kualitas udara perkotaan menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Kementeriann Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hasil evaluasi juga dibagi menjadi beberapa kategori seperti kategori kota besar.

Pontianak mendapatkan peringkat pertama dengan kualitas udara terbersih kategori kota besar. Ini adalah salah satu bentuk motivasi bagi masyarakat dan pemerintah Kota Pontianak untuk terus berupaya menjaga kualitas udara.

Penghargaan ini diberikan oleh KLHK dalam bentuk sertifikat. Pihaknya juga mengakui bahwa masih ada masyarakat yang belum mengerti tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Seperti masih ada sebagian masyarakat yang kurang sadar dan mengerti tentang arti penghijauan dan keberadaan pohon dalam menjaga kualitas udara tetap bersih,” kata Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Beberapa hal dilakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan uji emisi gas buang terhadap kendaraan bermotor secara rutin.

Selain itu, pihak Pemkot Pontianak juga sedang mencanangkan untuk menggunakan sepeda ke kantor bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas.

Penanaman pohon juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas udara di kota Pontianak. Salah satu faktor pendukung kota ini mendapat penghargaan tersebut adalah hampir tidak terjadinya musim kemarau panjang pada rentang tahun 2019 – 2020.

Musim kemarau dapat menyebabkan kebakaran dan tentunya mengurangi kualitas udara perkotaan. Himbauan-himbauan terhadap masyarakat juga terus dilakukan seperti tidak membakar sampah secara sembarangan di lingkungan rumahnya.

Selain kategori kota besar, KLHK juga mengkategorikan beberapa kota metropolitan, kota sedang dan juga kota kecil.


Referensi
Suara.com : Selamat! Udara Kota Pontianak Paling Bersih se-Indonesia