Pernah melihat kumpulan lalat di tong sampah sekitar tempat tinggal kamu? Mungkin kita sudah sering melihatnya dan cukup mengganggu terutama jumlahnya yang begitu banyak.

Namun taukah kamu bahwa ada jenis lalat yang mampu memakan sampah terutama jenis organik sehingga jumlahnya dapat berkurang secara alami?

Perkenalkan BSF (Black Soldier Fly) atau Lalat Tentara Hitam atau juga bisa disebut sebagai lalat si pemakan sampah. Inilah yang menjadi keunggulan dari jenis lalat lain yang umumnya kita temukan.

Lalat tentara hitam mampu mengkonsumsi sampah jenis organik dan mengembalikan nutrisinya ke tanah. Tanah yang mendapatkan nutrisi tersebut tentu mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Lalat tentara hitam ini memiliki nama latin Hermetia illucens, yang termasuk keluarga Stratiomyidae. Larva lalat yang berumur dewasa tidak dianggap sebagai hama. Justru lalat ini memiliki peran yang serupa dengan cacing sebagai penggembur untuk kesuburan tanah.

Larva lalat tentara hitam adalah sumber protein yang sangat baik untuk pakan ternak, dan nutrisi hewan peliharaan. Larva ini juga sangat rakus dan bisa digunakan untuk mengurai sisa makanan rumah tangga dan produk limbah pertanian.

Lalat ini memiliki ukuran sekitar 15-20 mm dan dapat hidup hingga 8 hari. Akan tetapi, jangka hidupnya diketahui dapat lebih lama ketika diletakkan pada sampah jenis oraganik.

Proses penguraian sampah organik oleh larva lalat tentara hitam ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu tergantung jenis sampahnya. Semakin tinggi serat maka proses penguraiannya juga lebih lama.

Yang lebih menguntungkan adalah larva lalat ini bisa menjadi pupuk dan bahkan menjadi pakan untuk hewan ternak seperti budidaya ikan. Bahkan lalat ini berbeda dengan jenis lainnya karena terbilang tidak menyebabkan suara mengggangu.

Meskipun demikian, jumlah sampah organik yang akan diuraikan oleh lalat tersebut tidak bisa terlalu banyak. Hal ini justru membuatnya tidak efektif. Oleh karena itu, jumlah sampah haruslah lebih sedikit untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Hanya itu saja? Tentu saja tidak. Pada artikel terpisah, kita akan membahas manfaat lain dari BSF atau lalat tentara hitam ini. Tidak hanya berdampak bagi lingkungan, ternyata bisa tambahan penghasilan jika dikelola dengan tepat.


Referensi
ManggotBSF : Lalat Tentara Hitam, Si Pemakan Sampah

Ilustrasi : Unsplash @mr_ayien