Masalah sampah masih menjadi momok tersendiri bagi kehidupan di bumi, terutama sampah plastik yang memerlukan waktu sangat lama untuk terurai. Tidak jarang sampah plastik berakhir di lautan dan mematikan hewan-hewan dilaut. Para peneliti kemudian berlomba-lomba untuk menemukan solusi atas permasalahan ini.

Dari penelitian Environmental Science and Technology yang diterbitkan oleh co-authors Professor Jun Yang dan seorang mahasiswa Doktor Yu Yang dari Universitas Beihang dan seorang insinyur dari Universitas Stanford Wei-Min Wu.menemukan spesies cacing yang bisa bertahan hidup meski hanya memakan plastik dan styrofoam.

Cacing yang diberi nama Squirmy Mealworms itu memang punya sistem pencernaan yang ajaib. Di dalam ususnya terdapat mikroorganisme yang dapat mengurai polietilen, bentuk umum dari plastik. Para peneliti itu juga memantau kesehatan cacing-cacing itu selama diberi plastik dan styrofoam.

Hasilnya, mereka tetap sehat seperti diberi pakan biasa. Selain itu, peneliti juga menemukan kalau cacing ini bisa mengubah plastik yang dikonsumsi menjadi karbondioksida. Limbah ini nampaknya aman bagi tanah dan bahan untuk tanaman.