Pemerintah saat ini tengah serius dalam mensosialisasikan Social Distancing atau menjaga jarak bahkan Work From Home (WFH). Langkah ini dinilai ampuh dalam menurunkan tingkat penyebaran wabah Covid-19 atau Corona di Indonesia. Meskipun harus mengisolasi diri di rumah, banyak aktivitas positif yang harusnya bisa kita lakukan sehingga tidak mudah bosan.

Memang benar bahwa langkah ini akan membuat beberapa orang semakin bosan karena tidak bisa keluar rumah atau berkumpul bersama teman. Pemikiran ini bisa diatasi dengan mengisi kegiatan harian yang bersifat positif. Lalu, apa saja kira-kira aktivitas positif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan di tengah wabah Covid-19?

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Mudahnya Membuang Sampah Sembarangan, Apa Penyebabnya

Aktivitas positif pertama adalah melakukan kegiatan bersih-bersih di rumah bahkan halaman sekitar. Mulai dari membersihkan kamar, meja, bangku, memotong rumput dan lainnya bisa meningkatkan mood kamu karena lingkungan tampak bersih ketika dipandang.

Bagi orang tua mungkin hal ini adalah hal yang biasa. Tetapi beda dengan anak muda karena kegiatan ini dinilai membosankan. Pemikiran ini biasanya timbul karena belum memulai aktivitas tersebut. Padahal aktivitas ini juga bisa sekalian olahraga karena seluruh anggota tubuh mengalami pergerakan.

Mencoba Kreasi DIY

Buat Sapu dari Botol Plastik Bekas

Aktivitas positif ini sebenarnya hampir mengarah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Orang tua dan anak bisa membuka berbagai channel Youtube mengenai kreatifitas DIY (Do It Yourself) menggunakan berbagai barang bekas.

Selain dari Youtube, Pemol juga menyediakan halaman untuk Kreatifitas DIY dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Tumpukan sampah di rumah bisa dimanfaatkan sehingga terlihat lebih bersih. Selain itu, jika aktivitas ini dilakukan dengan anak, maka akan menambah kecerdasan anak tersebut.

Belajar Online

Aktivitas Positif Covid-19

Belajar? Bukannya sudah diliburkan? Nah, belajar tidak harus dilakukan di sekolah saja. Kamu dapat melakukannya di rumah bahkan menggunakan media yang lebih menarik seperti smartphone. Dengan menggunakan berbagai aplikasi belajar online, kamu bisa mendapatkan berbagai materi dengan video animasi menarik.

Taukah kamu bahwa operator internet di Indonesia sudah menyediakan kuota besar selama 30 hari secara gratis untuk belajar online? Sampai saat ini ada beberapa provider seperti Telkomsel, XL, Indosat dan by.U telah menyediakan kuota 30GB secara gratis untuk aplikasi belajar online melalui smartphone. Masih ada alasan untuk tidak belajar di rumah?

Olahraga Sederhana

Aktivitas Positif Covid-19

Mungkin olahraga adalah hal yang cukup berat bagi beberapa orang. Padahal tidak harus seberat itu. Olahraga dapat kita lakukan dari hal yang sederhana seperti menggerakkan anggota tubuh atau berjalan di sekitaran rumah.

Tidak hanya itu, bermain skipping, tenis meja, badminton dan olahraga ringan lainnya dapat dilakukan di rumah. Pada dasarnya, olahraga dapat dilakukan dari hobi yang kita sukai.

Sebenarnya masih banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan seperti masak-memasak. Namun, kegiatan-kegiatan di atas tadi rasanya sudah cukup untuk membuat hari-hari kamu lebih positif. Himbauan pemerintah untuk tetap dirumah tidak untuk dimanfaatkan buat liburan melainkan menjaga diri dari penyebaran Covid-19.

Mari bantu pemerintah dan petugas kesehatan lainnya dengan melakukan aktivitas #DiRumahSaja. Jaga kebeersihan dan hindari keramaian merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan masyarakat saat ini. Jangan panik dan hindari hal yang merugikan orang lain.